E-Commerce
- Pengertian E-Commerce
E-Commerce adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Kegiatan e-commerce ini sebagai
aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
- Manfaat E-Commerce
1. Manfaat e-commerce bagi
konsumen :
a. Electronic commerce
memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama
24 jam sehari sepanjang tahun dari hamper
setiap
lokasi.
b. Electronic commerce memberikan
lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka bisa memilih berbagai produk dari
banyak vendor.
c. Electronic commerce menyediakan
produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara
mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
d. Dalam beberapa kasus, khususnya
pada produk-produk yang digitized, electronic commerce menjadikan pengiriman
menjadi sangat cepat.
e.
Pelanggan bisa menerima
informasi relevan secar detail dalam hitungan detik, bukan lagi menjadi hari.
f. Electronic commerce
memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
g. Electronic commerce memberi
tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di
electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
h.
Electronic commerce memudahkan
persaingan yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
2.
Manfaat e-commerce bagi
masyarakat :
a. Electronic commerce
memungkinkan orang untuk bekerja didalam rumah dan tidak banyak keluar untuk
berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan
serta mengurangi polusi udara.
b. Electronic commerce
memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah,sehingga
orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup
mereka.
c. Electronic commerce
memungkinkan orang di Negara-negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk
menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa
Electronic commerce. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta
mendapatkan gelar akademik.
d. Electronic commerce
memfasilitsi layanan public, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan
pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih
rendah, dan atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan,
misalnya bisa menjangkau pasien daerah pedesaan.
3.
Manfaat e-commerce bagi bisnis
:
a. Perusahaan-perusahaan dapat
menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis
mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
b. E-commerce menawarkan
pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang elakukan bisnis
diinternet akan mengurangi biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan
pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis
tradisional.
E-Business
- Pengertian E-Business
E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan
semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business
memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data
internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga
banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan,
serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-business berkaitan secara
menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara
elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain
management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan,
dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk
pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat
web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
- Manfaat E-Business
Manfaat yang didapat atau manfaat dari
e-business itu sebagai berikut :
a. Memperluas pasar hingga
mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga
perusahaan
bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra
bisnis yang dinilai paling cocok.
b. Menekan biaya menyusun,
memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas
(paperbased information).
c. Memungkinkan perusahaan untuk
menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
d. Menekan waktu antara pembayaran
dan penerimaan produk/jasa.
e. Meningkatkan produktivitas
karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
f. Menekan biaya telekomunikasi.
g. Manfaat-manfaat lainnya,
seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang
lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih
singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang
lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi.
h. Fenomena jejaring (internetworking)
memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat
menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas,
harga, dan kecepatan penciptaan sebuah roduk atau jasa kerap sangat ditentukan
oleh faktorfaktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan.
i.
Pembeli atau customer dapat
dengan mudah melihat barang yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga tidak repot harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
Ringkasan Perbedaan E-Commerce dan
E-Business
- Secara teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat juga dilakukan dalam e-commerce. Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
- E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business, karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb., tercakup
- E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
- Inti:
1. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu
bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa
melalui internet.
3. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business,
transaksi uang tidak diperlukan.
4. E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar